Cara Mendesain Website yang Baik dan Benar


Membuat Desain sebuah Blog ataupun Website merupakan hal yang sangat mudah dan praktis. Anda bisa membuat website profesional tanpa perlu mempelajari lebih dalam mengenai kode-kode HTML, PHP, dll. Saat ini Banyak pilihan Software dan Aplikasi pendukung dalam membuat sebuah Web hanya dalam beberapa klik saja.

Namun Jika Anda adalah seorang Pemula dalam membuat website dan Bingung harus mulai dari mana dalam mendesain sebuah Blog dan Web? Berikut DaftarBlog.com akan memberikan langkah-langkah dalam mendesain sebuah website.

Menentukan Ide Desain Website

Mendesain sebuah Web merupakan Mengimplementasikan sebuah Ide kedalam sebuah halaman. Jadi hal utama yang harus Anda lakukan Adalah menentukan Tema website tersebut. Apakah web yang akan Anda buat adalah merupakan sebuah blog personal, Halaman web statis, forum, toko online, atau lainnya.

Setelah mendapati Tema yang cocok, barulah kita mendapatkan modal dasar dalam mendesain sebuah web. Hal ini berguna dilakukan Agar dalam mendesain, kita bisa menyesuaikan dengan fungsi dari Website tersebut.

Menggunakan Aplikasi Desain Website

Jika ada cara praktis, lalu untuk apa kita melakukan hal sulit dalam membuat website? Yup, saat ini banyak aplikasi Open Source yang akan membantu anda dalam membuat website secara professional seperti WordPress, Joomla, Drupal, dll. Namun dari sekian banyak Aplikasi pembuat website tersebut, yang paling diminati dan banyak digunakan adalah WordPress.

Cara Desain Website menggunakan WordPress

WordPress merupakan Aplikasi Open Source yang menyediakan ratusan ribu Template yang dapat membantu anda untuk mendesain sebuah website secara professional. Dengan Ketersediaan Plugin pendukung, WordPress juga bisa digunakan untuk membuat website dengan berbagai macam tema.

Tips Mendesain Website

Setelah kita mendapati Ide dan Aplikasi pendukung dalam membuat Website, Hal yang perlu diperhatikan berikutnya adalah mengikuti Trend yang sedang berkembang saat ini. Jika dahulu mungkin sebuah desain website yang bagus adalah dengan menampilkan Animasi yang menarik, Namun saat ini hal yang trend adalah desain yang responsive dan kecepatan loading website.

Berikut Tips dan Trik dalam mendesain website yang daftarblog.com berikan untuk Anda, Cekidot.

Membuat Desain Website yang Responsive

Pada era sekarang ini para pengguna internet tidak hanya megakses website melalui komputer atau laptop saja. Namun justru kebanyakan netizen mengakses internet menggunakan perangkat mobile atau Smartphone. Oleh karena itu, Anda harus pastikan Desain Website yang Anda buat harus berjalan dengan baik di perangkat mobile. Jika Anda menggunakan Aplikasi WordPress dalam membuat website, pastikan Anda menggunakan atau membuat template dengan desain responsive.

Menjaga Kecepatan Loading Website

Hal berikutnya yang harus diperhatikan dalam mendesain website adalah mempertimbangkan kecepatan website ketika di akses oleh pengguna. Semakin cepat tentu saja semakin baik di mata pengunjung.

Menggunakan desain website yang minimalis merupakan merupakan menjadi trend saat ini. Pastikan semua elemen website yang anda gunakan memang sangat diperlukan dan hindari dalam menggunakan elemen-elemen website yang tidak terlalu diperlukan.

Jika terpaksa menggunakan Gambar dan Graphic dengan ukuran berat, pastikan Anda mengkompressnya terlebih dahulu, sebelum digunakan didalam website. Hindari juga penggunaan flash, dan script-script yang terlalu komplek.

Menggunakan Perpaduan Warna Yang Benar

Warna dalam sebuah website tidak hanya menjadi sebuah identitas, perpaduan warna yang baik juga akan membuat pengunjung betah berlama-lama ketika mengakses website Anda. Pada umumnya Warna yang digunakan dalam sebuah website adalah menggunakan minimal 3 (tiga) warna yang dipadukan dan membuatnya enak dilihat dalam waktu lama.

Perpaduan warna haruslah memperhatikan hal berikut :

  • 1 Warna dengan Kontras Terang, seperti Merah, Hijau, kuning, Biru, dll.
  • 1 Warna dengan kontras Netral, seperti Putih, Abu-abu
  • 1 Warna dengan Kontras Gelap, seperti Hitam, atau Warna Dark lainnya.

*Hindari penggunaan 2 Warna dengan Kontras Terang, hal ini akan membuat mata mudah lelah.

Typhografi – Penggunaan Font yang Tepat untuk Website

Hal yang tidak kalah menarik dalam mendesain sebuah web adalah penggunaan Font. Jika dahulu hanya terbatas kepada font Arial dan Verdana saja, saat ini ribuan font menarik bisa menambah keunikan tampilan website Anda.

Menggunakan Google Font untuk Desain Website

Google Fonts dan Typekit mungkin bisa menjadi pilihan yang baik. Namun hal yang perlu diperhatikan juga adalah : jangan terlalu banyak menggunakan jenis font yang berbeda-beda, ada baiknya menggunakan maksimal 3 jenis font saya dalam sebuah website. Gunakan juga desain font yang tidak terlalu ekstrim, dan membuat pengunjung betah berlama-lama membaca isi konten website Anda.

Review Website sebelum Launcing

Sebelum meluncurkan hasil desain web secara online, ada baiknya anda mereview kembali hasil desain website yang telah anda buat. Pastikan semua fungsi website berjalan dengan baik di semua perangkat. Anda juga bisa meminta saran dari desainer website lain, mengenai hasil desain website yang anda buat.Jika sudah 100% Anda rasa baik, barulah Luncurkan website tersebut secara online.

Perbanyak Referensi Website

Jika Anda benar-benar kehabisan ide dalam membuat website, ada baiknya anda melakukan Blogwalking ke blog atau website-website lain. Hal ini bisa saja menjadi referensi Anda dalam mendesain sebuah website. Anda bisa mengambil dan mengedit kembali elemen yang anda kira cukup menarik dari blog atau website lain. Hal ini bukanlah dengan menirunya 100%, tapi hanya sebagai bahan referensi saja.

Perhatikan desain-desain menarik dari website-website yang memang dibuat oleh kalangan professional seperti salah satu contoh adalah website M88. Web tersebut tidak hanya didesain secara baik, namun setiap fungsi dan elemen web dapat berjalan dengan optimal ketika diakses oleh semua perangkat, baik desktop maupun mobile.

Kecepatannya Loading website tersebut juga bisa dibilang sangat cepat ketika diakses. Perpaduan Warna yang digunakan sangat menarik dan tidak membuat mata lelah ketika dilihat dalam waktu lama.

Nah demikian pembahasan kita mengenai Tutorial Cara Mendesain Website, semoga bermanfaat. Jika Ada yang ingin di tambahkan silahkan berikan komentar dibawah ini. Terima Kasih

log in

Don't have an account?
sign up

reset password

Back to
log in

sign up

Back to
log in
Choose A Format
Video